Sejarah Asia Selatan ( kemerdekaan india)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
            Politik imperialisasi dan kolonialis inggris di india sekitar tahun 1859 mengalami perubahan dengan keluarnya maklumat ratu Victoria yang menetapkan sejak itu india langsung berada di bawah pemerintah inggris. Mulai tahun 1861 raja muda dalam pemerintahan sehari-hari dibantu oleh sebuah dewan legeslatif dan badan eksekutif, sedangkan anggotanya dari golongan bumi putra, setiap tahun bertambah terus. Perubahan ini menyebabkan pemerintahan pusat menyerahkan sebagian tugas pemerintah kepada provinsi-provinsi. Jadi system pemerintahan secara perwakilan tidak langsung tidak berdasarkan kerakyatan . sampai akhir abad19 inggris masih belum mengadakan perubahan dalam usaha menuju kepada pembentukan system pemerintah sendiri bagi india.
  
1.2      Tujuan

Tujuan dari pembuatan makalah ini agar kita dapat mengetahui dapat menjelaskan sebagai berikut :

1.      Dapat mengetahui bagaimana perlawana dan perjuangan india menghadapi imperialisme dan kolonialisasi.
2.      Menetahui bagaimana proses kemerdakaan bangsa india.
3.      Menetahui bagaiman pengaruhnya bagi Negara dan keadaan diluar india.
4.      Agar kita dapat mangerti dan mengetahui apa itu kolonialisasi dan imperialisme.


BAB II
PERMASALAHAN



Dari permasalahan yang akan dibahas adalah sabagai berikut:
     
2.1                       Jelaskan apa saja yang dilakukan rakyat india untuk menghadapi imperialisme dan kolonialisasi inggris ?
2.2                       Bagaimana pengaruh imperialisme dan kolonialisasi terhadap perang dunia pertama ?
2.3                       Bagaimana pengaruh imperialisme dan kolonialisasi terhadap perang dunia kedua ?
2.4            Bagaimana proses kemerdekaan rakyat india ?







BAB III
PEMBAHASAN


3.1    Apa saja yang dilakukan rakyat india untuk menghadapi    imperialisme dan kolonialisasi inggris

Parlemen London telah memutuskan akan tetap memepertahankan imperialisme inggris di india. Hal ini meyakinkan rakyat india bahwa tidak akan memberikan kemerdekaan kepada india secara Cuma-Cuma. Rakyat india mulai sadar dan harus bangkit berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan tanpa ketergantungan kepada inggris.kesadaran bernegara makin tertanam dihati rakyat india, sebagai realisasi dari luapan perasaan rakyat berdirilah perkumpulan- perkumpulan resmi dan rahasia untuk menentang inggris.
Pada tahun 1885 didirikan partai yang disebut All India National Conggres. Suatu partai yang gigih mempertahankan dan memperjuangkan kemerdekaan india dari kolonialisasi dan imperialisme. Partai congress ini berdiri atas saran Allan Octavian Hume. Tujuan pertama didirikan partai ini adalah :
1.      memepersatukan semua golongan rakyat.
2.      mengadakan pembaharuan di lapangan pengetahuan, ahlak, sosial, dan politik.
3.      perhubungan antara inggris dan india di perbaiki.

Pada umumnya pemimpin AINC ( All India National Conggres ) tidak berani bertindak secara radikal karena di dalam partai tidak terdapat berbagi golongan, karena sukar mengerakkan suatu rencana yang menentang aturan pemerintah inggris, bahkan AINC menyatakan kesetiaan kepada pemerintah inggris.
Pada tahun 1919 inggris mengeluarkan undang-undang yang berisi ancaman terhadap rakyat india yang berani melakukan keonaran politik, ancaman tersebut dengan tindakan kekerasan menurut hukum perang. Tetapi rakyat india bersama-sama AINC tidak merasa takut, tampillah mahatma Gandhi yang mengadakan satyagraha. Dengan adanya satyagraha pada tahun 1927 maka diangkatlah oleh pemerintah inggris panitia yang terdiri dari anggota-anggota parlemen dibawah sirjon simon, salah seorang pengacara terkenal. Tetapi oleh masyarakat india panitia tersebut ditolak karena tak seorangpun anggotanya dari bengsa india.
Partai –partai yang ada di india yaitu partai muslim, AINC, partai buruh bersepakat agar panitia simon diboikot dan jangan memberikan keterangan apapun apabila ada penyelidikan , sebagai pernyataan tidak menyetujui panitia simon. Walaupun demikian panitia simon berjalan terus, kemudian pada bulan juni 1930 isi komisi simon diumumkan, tetapi tidak memuaskan rakyat india karena dalam laporannya tidak dicantumkan masalah dominion status, maka mahatma Gandhi mengadakan pembicaraan dengan raja muda agar masalah tersebut dijadikan sebagai bahan pembicaraan dalam perundingan. Jika usulan itu diterima maka mahtma Gandhi akan bersedia menghadiri konfrensi meja bundar di London.
Semua usulan mahatma Gandhi ditolak dan Gandhi melakukan satyagraha dengan jalan menghalang-halangi penjualan barang-barang inggris.  Denga aksinya yang membawa kekacawan ini, maka mahatma Gandhi ditangkap. Penangkapan pemompin konggres ini membuat rakyat india semakin gencar melakukan aksi-aksi untuk melawan pemerintah inggris. Senjata ampu Gandhi dalam menghadapi pemerintah inggris yang paling berhasil adalah satyagraha. Dengan satyagraha bangsa india dapat menggerakkan masa aksi yang menggetarkan seluruh bangsa dan bisa menyusun semangat rakyat. Selain Gandhi banyak lagi pejuang india yang patut di banggakan seperti Jawaharlal Nehru. Nehru tidak pernah berjuang secara fisik, tetapi ia selalu berpikir dan bertindak sebagai putra india sejati. Nehru mengenyampingkan kehidupan pribadi dalam perjuangannya. Dia berjuang terus melalui caranya sendiri.
Untuk membicarakan rencana peraturan yang memenuhi citi-citi segala lapisan masyarakat india, maka partai-partai membentuk All Indian Conference. Dan ketuanay dipimpin olek Jawaharlal Nehru yang menunutut “ dominion status “ atau kemerdekaan india yang seluas luaasnya di lingkungan inggris raya. Nehru ditangkap dan dijatihi hukuma selama dua tahun karena dituduh menghasut rakyat. Pada bulan September 1935 jawaharlal Nehru di beri izin keluar dari penjara karena istrinya sakit. Pada tahun 1936 jawaharlal Nehru terpilih menjadi ketua konggres. Tujuan pokok polotiknya adalah mengangkat derajat orang banyak, serta manciptakan persamaan sosial. Sejak itulah Nehru berusaha keras untuk memesukkan ide sosialnya.
Dibawah pimpinan Jawaharlal Nehru pada tahun 1937 konggres memajukan dua buah resolusi. Yaitu resolusi program agrarian yang bertuuan agar beban dan tekanan terhadap rakyat dihapuskan setidak tidaknya dikurangi dan program perburuhan dengan tujuan mendesak agar pemerintah memperhatikan kesejahteraan sosial bagi buruh dan selanjutnya diadakan perbaikan nasib kaum buruh. Pada tahun 1939, sekembalinya dari eropa, kemudian Nehru ter pilih sebagai ketua planning committee (panitia perencanaan nasional). Tujuannya adalah menyelidiki soal-soal penting untuk membangun kesejahteraan  dan menstabilkan ekonomi india.

3.2   pengaruh imperialisme dan kolonialisasi terhadap perang dunia pertama


pada tahun 1914 perpecahan perang dunia pertama yang mengakibatkan inggris mengadakan pendekatan kepada rakyat india agar membantu inggris dalam perang itu. Pemerintah inggris menjanjikan kepada rakyat india suatu pemerintahan sendiri. Dengan adanya janji tersebut rakyat india rela membela, tetapi kenyataannya inggris mengingkarinya dengan tidak menepati janjinya. Dengan keadaan ini memeksa partai AINC untuk mengadakan sidang akibat dari tindakan yang dilakukan pemerintah inggris tersebut, dalam siding itu hadir semua golongan untuk menuntut pemerintah sendiri (rule home) dengan kata lain ingin bebas dari ikatan terhadap pemerintah inggris.
Adanya resolusi Bal Gangadhar Tilak serta kawan-kawannya tidak mendapat perhatian dari pemerintah inggris, bahkan inggris menekan india denga menaikkan pajak bea masuk, apalagi rakyat india mayoritas bekerja sebagia pedagang, petani, dan burung yang sering keluar masik india untuk bekerja. Tindakan ini sangat memberatkan rakyat india, kemiskinan merajalela, sedangkan yang kaya semakin menjadi kaya. Keadaan ini yang emperburuk situasi dan kondisi rakyat india setelah perang dunia pertama selesai. Inggris mengingkari janjinya. Kemudian tampillah seorang pemimpin AINC yang bernama mahatma Gandhi dengan menggunakan senjata ampuhnya denga cara ahimsa, satyagraha, swa-desi, hartal, swaraja. Kemudian inggris mengeluarkan undang-undang yang berisi ancaman terhadap rakyat india yang berani melakukan keonaran dalam politik.
           
3.3         pengaruh imperialisme dan kolonialisasi terhadap perang     dunia kedua

Perang dunia pecah kedua pada bulan septembar 1939 di eropa dengan cepat meluas ke afrika dan asia. Dalam menghadapi perang ini, inggris kembali mengharapkan bantuan dari india.
Sebelum pacah perang dunia II, konggres telah menduga bahwa inggris pasti terlibat dalam perang. Terhadap perang dunia II ini Jawaharlal Nehru antara lain mengatakan, kalau kita dilibatkan oleh Negara-negara imperialis sesungguhnya kita telah memegang kunci kebahagiaan itu asal kita tahu menggunakannya.  Pengalaman pahit rakyat india dalam perang dunia I belum hilang dari ingatan meraka tidak ingin terjebak dengan janji-janji belaka dengan terjatuh di lubang yang sama untuk keduakalinya, oleh karena itu india harus melepaskan diri politik imperialisme dan fasisime serta menjalankan politik sendiri dalam mencapai kemerdekaandan perdamaian. Karena tuntutan kongres semakin tajam yaitu kemerdekaan penuh, Jawaharlal Nehru di tangkap, dipenjarakan dan lagi-lagi dengan tuduhan menghasut rakyat. Enam bulan kemudian ia dibebaskan kembali.
Sementara itu Gandhi menentang karena adanya militerisasi di kalangan orang-orang india. Kemudian ia mengatakan dan mengusulkan “quit india” atau tinggalkan india, sedangkan moeslim di bawah pimpinan ali jinnah menuntut kepada inggris agar membentuk dua Negara yang terpisah yaitu india untuk orang hindhu dan pakistan untuk orang islam.




3.4       proses kemerdekaan rakyat india
           
Perundingan terjadi kembali antara pemerintah inggris dan AINC, dalam perundingan itu tidak membuahkan hasil kerena moeslem league tetap menuntut Negara sendiri yaitu pakistan, dalam perundingan itu ali jinnah menuduh Jawaharlal Nehru melanggar peraturan yang telah disepakati bersama. Tan pa moeslem league, Jawaharlal Nehru membentik cabinet dengan acar mengambil golongan islam yang ada pada konggres. Tindakan ini membuat dip rotes oleh ali jinnah dan sebagai akibatnya pertentangan antara golongan islam dan golong hindu semakin tajam, bahkan kadang-kadang diakhiri dengan perkelahian dan pertumpahan darah.
Pada bulan februari 1947 keluarlah pengumuman dari inggris yang menyatakan bahwa pemerintah inggris akan mengundurkan diri dari india paling lambat bulan juni 1948. menjelang kemerdakan india dan terbebes dari imperialisme, pemerintah inggris memerintahkan lord mountbatten untuk menjabat raja muda inggris di india karena ia dinilai sebagai oaring yang bijaksan dalam tindakannya.setalah melalui perundingan yang cukup tegang antara mountbatten, dengan tokoh-tokoh seperti Jawaharlal Nehru, Gandhi, dan ali jinnah akhirnya dicapailah persetujuan untuk mendirikan dua Negara yang terpisah yaitu india dan pakistan. Baik konggres maupun moeslem league menyetujui usul ini dan sebagai perwujudannya maka pada 14 juli 1947 atlee mengajukan undang-undang kemerdekaan india di dalam badan perwakilan inggris. Dua minggu kemudian raja inggris menandatangani undang-undang tersebut yang mulai akan berlaku tanggak 15 agustus 1947.
Di kota-kota seperti delhi, Karachi, dan kota lainnya rakyat beramai-ramai berkumpul dimuka gedung pemerintah untuk mengikuti jalannya upacara yang berlangsung. Di dalam gedung dewan perwakilan rakyatdi delhi, pada tengah malam menjelang detik-detik 15 agustus 1947. sebelumnya bendera inggris telah di turunkan dan di gantikan dengan bendera india. Dan lagu kemerdekaannya adalah “bande mataram”, Dr. Rajendra Prasad tercatat sebagai presiden pertama dan Jawaharlal Nehru  sebagai perdana mentri pertama. Demikian besar peranan Jawaharlal Nehru dan kawan-kawan dalam perjuangan kemerdekaan  dari tangan kolonialisasi dan imperialisme bangsa inggris.

BAB IV
KESIMPULAN
Parlemen London telah memutuskan akan tetap memepertahankan imperialisme inggris di india. Hal ini meyakinkan rakyat india bahwa tidak akan memberikan kemerdekaan kepada india secara Cuma-Cuma. Rakyat india mulai sadar dan harus bangkit berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan tanpa ketergantungan kepada inggris.kesadaran bernegara makin tertanam dihati rakyat india, sebagai realisasi dari luapan perasaan rakyat berdirilah perkumpulan- perkumpulan resmi dan rahasia untuk menentang inggris.
Pada bulan februari 1947 keluarlah pengumuman dari inggris yang menyatakan bahwa pemerintah inggris akan mengundurkan diri dari india paling lambat bulan juni 1948. menjelang kemerdakan india dan terbebes dari imperialisme, pemerintah inggris memerintahkan lord mountbatten untuk menjabat raja muda inggris di india karena ia dinilai sebagai oaring yang bijaksan dalam tindakannya.setalah melalui perundingan yang cukup tegang antara mountbatten, dengan tokoh-tokoh seperti Jawaharlal Nehru, Gandhi, dan ali jinnah akhirnya dicapailah persetujuan untuk mendirikan dua Negara yang terpisah yaitu india dan pakistan
Dapat dilihat dari paparan makalah di atas usaha yang begitu gigih, ulet dan tabah serta penuh keyakinan dari para pejuang kemerdakaan india dari imperialisme inggris. Meski meraka terpecah menjadi dua golongan tetapi mereka mempunyai satu tujuan yaitu: “kemerdekaan india”.



DAFTAR PUSTAKA



Bellwood, peter. 1988. Jalur Perdagangan Darat dan Laut. Jakarta: Gramedia  Pustaka.
Poesponegoro, M.D. dkk. 1991. perdagangan dan pelayaran pada masa kuno. Jakarta: Balai Pustaka.

[Online]. Terdapat di. http://www.wikipedia.com/2009/11/11/perdagangan asia kuno/ [05-04-11]





1 Response to "Sejarah Asia Selatan ( kemerdekaan india)"

  1. India merdeka dengan gerakan tanpa kekerasan yang dipimpin Mahatma Gandhi

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel